Multiple Intelligence (Multi Kecerdasan)

Anggapan bahwa jika IQ tinggi itu berarti cerdas sekarang ini sudah tidak menjadi patokan lagi. Prespektif atas anggapan tersebut berdampak negatif bagi sebagian besar siswa. kecerdasan manusia itu banyak rumpunnya. kecerdasan itu maultidimensional, banyak cabangnya. Jadi tidak ada siswa yang bodoh, setiap siswa mempunyai rumpun kecerdasan masing-masing!
Ada 8 rumpun Multiple Intellegence, yakni:
1. Kecerdasan Linguistik (word smart) atau Cerdas Berbahasa
kemampuan menggunakan kata secara efektif, baik secara lisan (misalnya: pendongeng, orator) maupun secara tertulis (misalnya: pengarang, wartawan). Kecerdasan Linguistik mencakup kemampuan menggunakan kata, bahasa bunyi, retorika, dan lain-lainnya.
2.  Kecerdasan Matematis-logis (number smart) atau Cerdas Angka
kemampuan menggunakan angka dengan baik (misalnya: ahli statistik, matematika, akuntan) dan melakukan penalaran secara tepat (misalnya: ilmuwan, pemrogram komputer, ahli logika). kecerdasan ini meliputi kepekaan pada pola dan hubungan logis, hubungan sebab akibat, proses kategorisasi, klasifikasi, generalisasi, penghitungan, pengujian, hipotesis, dan pengambilan keputusan.
3. Kecerdasan Spasial (Cerdas gambar)
Kemampuan melahirkan persepsi dimensi spasialvisual (keruangan) secara akurat (misalnya: pilot, pengemudi, pemburu, pramuka) dan mentransformasikan (dekorator interior-eksterior, arsitek, pelukis, penemu). Komponen intinya adalah kepekaan pada warna, garis, bentuk, ruang, dan hubungan antarunsur tersebut.
4. Kecerdasan Kinestetik-Jasmaniah (body smart) atau Cerdas Tubuh
 Keahlian menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresiakan pikiran dan perasaan (misal ; aktor, pemain pantomim-operet, penari, atlit) dan keterampilan menggunakan tangan untuk mencipta atau mengubah (misal: pengerajin, teknisi mesin mekanik, dokter bedah, pengukir). kecerdasan ini mencakup kemampuan fisik yang spesifik antara lain: koordinasi, keseimbangan, keterampilan, kekuatan, ketepatan, dan lain-lainnya.
5. Kecerdasan Musikal (Cerdas Musik dan Nada)
Kemampuan mengerjakan bentuk-bentuk musikal dengan cara melahirkan persepsi (pengguna musik), membedakan (kritikus musik) menggubah (composer) dan mengekspresikan (penyanyi). komponen dasar kecerdasan musikal adalah kepekaan pada irama, pola titi nada/melodi, warna suara suatu lagu.
6. Kecerdasan Interpersonal (self smart) atau Cerdas Diri
Kemampuan membuat persepsi dan membedakan suasana hati, keinginan motivasi, dan perasaan orang lain. Komponen utamanya adalah kepekaan pada ekspresi wajah, suara, gerak, isyarat, merespon, dan persuasi (mempengaruhi).
7. Kecerdasan Intrapersonal (people smart) atau Cerdas Bergaul
Kemampuan memahami diri sendiri dan bertindak atas pemahaman diri tersebut. Termasuk juga memahami secara tepat kekuatan dan keterbatasannya, menyadari suasana hati, keinginan motivasi, tempramen/watak disiplin diri, dan harga diri.
8. Kecerdasan naturalis (Cerdas Alam)
Keahlian mengendalikan dan mengkategorikan spesies flora dan fauna dan alam sekitar. Kemampuan dasarnya adalah kepekaan terhadap gejala alam dan menyikapi makhluk hidup.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tari (seni Budaya) part 1

untittle VI

AKU MASIH...